1. Latar Belakang

Dengan diberlakukanya otonomi daerah berdasarkan Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Undang- Undang No. 32 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta inpres No. 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah maka untuk menyusun Renstra dan Lankip (Rencana Strategik dan laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah ), Renstra disusun sebagai acuan pembuatan LAKIP.

Kaitanya dengan Otonomi Daerah untuk kewengan sebagian urusan yang telah diserahkan kepada Daerah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah masing-masing demikian juga di bidang Kesehatan sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1987 tentang penyerahan sebagian urusan Pemerintahan dalam bidang kesehatan, dengan demikian RSUD Dr. R Soetijono Blora menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Keberadaan RSUD Dr. R. Soetijono Blora adalah merupakan perwujudan pembangunan Nasional di bidang kesehatan, karena adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan pelayanan yang bermutu dan nyaman. Guna mencapai tujuan tersebut sesuai dengan harapan, maka manajemen RSUD Dr. R. Soetijono Blora harus mampu mempunyai paradigma yang sesuai dengan kondisi lingkungan.

  1. Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi
  1. Kedudukan RSUD Dr. R. Soetijono Blora

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soetijono Blora berkeudukan disalah satu penunjang Pemerintahan Daerah Kabupaten Blora dalam peaksanaan tugas di bidang upaya kesehatan.

  1. Tugas pokok RSUD Dr. R. Soetijono Blora

Melaksanakan peayanan kesehatan paripurna masyarakat

  1. Dalam menyelenggarakan tugas pokok RSUD Dr. R. Soetijono Blora mempunyai fungsi :
  2. Perumusan dan penetapan perencanaan dan penetapan pengelolaan rumah sakit.
  3. Perumusan kebijakan umum dan teknis di bidang pengelolaan rumah sakit.
  4. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang pelayanan kesehatan paripurna.
  5. Pembinaan pelaksanaan tugas di bidang pelayanan kesehatan paripurna.
  6. Penyelenggaraan koordinasi dalam fasilitas di bidang pelayanan kesehatan paripurna.
  7. Pembinaan pengelolaan urusan ketatausahaan rumah sakit.
  8. Pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas pengelolaan rumah sakit.
  9. Susunan Organisasi dan Tata Kerja

Strukrur Organisasi RSUD Dr. R. Soetijono Blora berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Blora Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Rumah Sakit Daerah Dr. R. Soetijono Blora Kabupaten Blora, terdiri dari:

  1. Direktur
  2. Bagian Tata Usaha
  3. Bidang Pelayanan
  4. Bidang Penunjang
  5. Bidang Pengembangan dan Informasi
  6. Kelompok Jabatan Fungsional
  7. Masing- masing Bagian atau bidang dipimpin Kepala Bagian atau Kepala Bidang yang berada dibawah dan tanggung jawab kepada Direktur Rumah Sakit
  8. Bagian Tata Usaha terdiri dari :
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  • Sub Bagian Program
  • Sub Bagian Keuangan

Masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan tanggung jawab kepada Kepala Bagian Tata Usaha

  1. Bidang pelayanan terdiri dari :
  • Seksi Keperawatan
  • Seksi pelayanan medik

Masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan tanggung jawab kepada Kepala Bidang Pelayanan.

  1. Bidang penunjang terdiri dari :
  • Seksi Penunjang Medis
  • Seksi Penunjang Non Medis

Masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan tanggung jawab kepada Kepala Bidang Penunjang.

  1. Bidang pengembangan dan informasi terdiri dari :
  • Seksi Pengembangan
  • Seksi Informasi

Masing – masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan tanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengembangan dan Informasi

  1. Kelompok jabatan Fungsional Koordinator oleh pejabat fungsional senior yang ditunjukan masing-masing pejabat fungsional berada dibawah dan tanggung jawab kepada Direktur sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

  1. Kondisi Umum

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soetijono Blora merupakan salah satu rumah sakit milik pemerintah kabupaten Blora. Berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI No. 233/ S.K/ VI/ 1983, rumah sakit ditetapkan sebagai rumah sakit umum daerah tipe C dengan kapasitas tempat tidur 125 buah.

Tahun 1999 Rumah Sakit Umum Daerah Blora telah terakreditasi dengan status Akreditasi penuh Tingkat Dasar sesuai program Depkes yang dimulai dengan 5 bidang pelayanan yang terakreditasi yaitu:

  1. Bidang Administrasi dan Managemen
  2. Bidang Pelayanan Medis
  3. Bidang Pelayanan Keperawatan
  4. Bidang Pelayanan Gawat Darurat
  5. Bidang Pelayanan Rekam Medik

Kemudian pada tahun 2003 berkembang menjadi 12 Bidang Pelayanan yang terakreditasi dengan Status Akreditasi Penuh Tingkat lanjutan yang berarti bertambah menjadi 7 Bidang Pelayanan yaitu:

  1. Bidang Pelayanan Radiologi
  2. Bidang Pelayanan Farmasi
  3. Bidang Pelayanan Laboratorium
  4. Bidang Pelayanan Kamar Operasi
  5. Bidang Pengendalian infeksi Nosokomial
  6. Bidang Pelayanan K3
  7. Bidang Pelayanan Perintologi

Dengan Keputusan Bupati Blora No 900/741/2010 tanggal 12 Mei 2010 tentang Penetapan Status Pola Pengelolaan Keuangan BLUD (PPK_BLUD) secara penuh kepada Rumah Sakit Dr. R. Soetijono Blora Kabupaten Blora, rumah sakit ditetapkan sebagai badan layanan umum daerah (BLUD). Realisasi dari surat keputusan ini baru dilaksanakan mulai 1 januari 2011. Dengan ditetapkan rumah sakit sebagai BLU, rumah sakit mempunyai keleluasaan dalam pengelolaan keuangan.

Gambar umu kondisi rumah sakit meliputi fasilitas pelayanan, sumber daya manusia yang ada, sarana dan prasarana yang dimiliki adalah sebagai berikut :

  1. Fasilitas Pelayanan

Pelayanan yang ada di RSUD Dr. R. Soetijono Blora :

  1. Pelayanan Gawat Darurat

Pelayanan Medik dan Terapi melaksanakan pelayanan 24 jam.

  1. Pelayanan Rawat Jalan

Terdiri dari poliklinik :

  • Poliklinik Umum
  • Poliklinik Penyakit Dalam
  • Poliklinik Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan
  • Poliklinik Penyakit Mata
  • Poliklinik Penyakit Bedah Umum
  • Poliklinik Penyakit Syaraf
  • Poliklinik Penyakit Anak
  • Poliklinik Penyakit Gigi dan Mulut
  • Poliklinik Penyakit kandungan dan Kebidanan
  • Poliklinik konsultasi Gizi