Rumah Sakit RSUD dr. R. Soetijono Blora mengadakan pelatihan bantuan hidup dasar kepada para staf RSUD dr. R. Soetijono Blora yang mengikuti apel pagi yang bentempat di halaman RSUD dr. R. Soetijono Blora.

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar tersebut diberikan oleh Tim Code Blue RSUD dr. R. Soetijono Blora, dalam Tim Code Blue tersebut beranggotakan dokter, Perawat dan staf medis RSUD dr. R. Soetijono Blora, para anggota tersebut sudah mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam menangani pasien yang mengalami henti nafas dan henti jantung

Agus Sugiarto S.kep selaku Kepala Ruang Insatalasi Gawat Darurat mengatakan bahwa pelatihan BHD sangatlah penting, karena BHD bisa digunakan dalam kondisi yang darurat meskipun hanya sebatas pertolongan pertama saja.

“Pelatihan ini sangatlah penting, jika ada kejadian seseorang dalam kondisi tidak sadar atau henti nafas atau istilahnya semaput anda bisa melakukan tindakan pertolongan pertama, hal tersebut tidaklah harus orang medis yang melakukan pertolongan namun orang awam pun bisa jika sudah terpapar pelatihan BHD” Kata Agus Sugiarto disela sela pelatihan (21/2/2019).

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar memang sangatlah penting dilakukan di RSUD dr. R. Soetijono Blora, walaupun jarang kejadian tersebut terjadi di lingkungan RSUD dr. Soetijono Blora para pegawai diwajibkan harus bisa melakukan BHD semampunya sesuai dengan kemampuan.

“Bu Bapak dirumah sakit kita ini tempatnya orang sakit jadi kita harus bisa melakukan BHD, kalo kalo ada orang yang tiba tiba pingsan gimana, anda harus bisa tidak terkecuali siapa mau OB, Satpam kasir, semua harus bisa nggeh bapak ibu”

Agus Sugiarto juga menambahkan bahwa tidaklah terlalu dipaksakan melakukan BHD jika memang sudah kelelahan atau tidak dalam kondisi yang prima.

“Tambah meleh bu, jangan dipaksakan kalua memang sudah capek gentian dengan yang lain sambal menunggu tim medis yang lebih kompeten, nanti malah ibu sendiri yang pingsan karena kelelahan” tutup Agus

Pelatihan BHD RSUD dr. R. Soetijono Blora