Hand hygiene atau kebersihan tangan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu hand washing dan hand rub. Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit.

Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas).

Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan.

Untuk mencegah masalah di atas RSUD Dr. R. Soetiono Blora melakukan penyuluhan kegiatan Cuci tangan pada pasien serta pengunjung RSUD Dr. R. Soetijono Blora adapun tujuan kegiatan tersebut adalah pengunjung serta pasien diharapkan mampu :

  1. Menjelaskan pengertian mencuci tangan
  2. Menyebutkan tujuan mencuci tangn
  3. Menjelaskan kapan waktu mencuci tangan
  4. Menyebutkan alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan
  5. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan sehat

 

Kegiatan Penyuluhan Cuci Tangan RSUD Dr. R. Soetijono Blora