stJakarta, Perayaan Idul Adha identik dengan sajian menu daging kambing. Nah, jika Anda ingin menyantap daging kambing tak ada salahnya, tapi ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Diungkapkan dr Titi Sekarindah SpGK dari RS Pusat Pertamina, bagi orang yang memiliki penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan penyakit jantung, batasi jumlah konsumsi daging kambing. Pada orang yang tak memiliki riwayat penyakit seperti itu, dikatakan dr Titi bisa mengonsumsi 100 gram daging kambing untuk sekali makan,

“Berarti kalau yang punya penyakit begitu ya dikurangi jadi separuhnya. Konsumsinya ya 50 gram daging kambing saja sekali makan. Kalau tiga kali makan dalam sehari kan 150 gram totalnya. Intinya yang penting sudah mencicipi,” kata dr Titi saat berbincang dengan detikHealth.

dr Titi mengingatkan, jangan lupa imbangi konsumsi daging kambing dengan menu sayur dan buah. Tapi ingat, sayur yang disajikan pun jangan sayur bersantan. dr Titi menyarankan imbangi dengan konsumsi sayur bening atau minimal tumis.

“Sayurnya yang mudah kita temui saja sehari-hari, misalnya bayam, brokoli, sup, sayur asem juga boleh. Jangan lupa juga konsumsi buah, nggak perlu berlebihan. Lima porsi buah dan sayur sudah cukup,” tambah dr Titi.

Sementara, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB mengatakan jika daging kambing dijadikan sate, disarankan untuk mengonsumsinya maksimal sepuluh tusuk per hari. Sedangkan, jika daging kambing dijadikan gulai dengan potongan seperti daging rendang, konsumsi satu atau dua potong sudah cukup.

“Jika daging yang dikonsumsi lebih banyak, maka jumlah nasi harus dikurangi karena daging kambing mengandung cukup banyak kalori,” kata dr Ari.

Sumber : health.detik.com

Takaran Porsi yang Disarankan Jika Hendak Nikmati Sajian Daging Kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *