Jakarta, Tantangan terberat untuk memulai olahraga di hari libur adalah saat harus bangkit dari tempat tidur. Jika memang susah untuk beranjak, kenapa tidak mencoba olahraga di tempat tidur saja?

Ada banyak variasi gerakan yang bisa dilakukan di tempat tidur. Bahkan, beberapa gerakan lebih nyaman dan lebih optimal dilakukan di tempat tidur dibandingkan di tempat lain.

Sebagai contoh adalah crunch, atau gerakan untuk melatih otot perut. Keluhan utama yang dirasakan saat seseorang melakukan gerakan crunch atau menarik otot perut adalah nyeri di sekitar tulang punggung. Dengan tekstur yang empuk, tempat tidur tentu sangat nyaman untuk menggantikan matras atau papan yang biasa dipakai untuk olahraga.

Karena lebih nyaman, tempat tidur juga memungkinkan untuk bereksperimen dengan berbagai variasi gerakan crunch. Benda-benda yang ada di tempat tidur seperti bantal-guling juga bisa dipakai sebagai beban jika menginginkan ada challenge, yang tentunya akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Jika masih menginginkan gerakan yang lebih menantang, sit up di tempat tidur juga menawarkan kemudahan. Berbaringlah di samping tempat tidur, lalu selipkan ujung kaki ke bawahnya. Dengan adanya penahan di kaki, seseorang bisa lebih fokus pada gerakan yang benar.

Plank di tempat tidur? Hanya karena tempatnya lebih nyaman, jangan dikira tidak ada challenge sama sekali. Kasur yang empuk membuat tubuh sangat mudah goyang, sehingga butuh konsentrasi tinggi agar bisa stabil. Mengunci otot perut sekuat mungkin adalah tantangan utama dalam gerakan ini.

Sedangkan untuk otot tubuh bagian atas, triceps dips bisa jadi pilihan sebagai variasi dari push-up. Caranya dengan membelakangi salah satu sisi tempat tidur, lalu menggunakan kedua lengan sebagai tumpuan saat melakukan gerakan naik turun. Gerakan ini akan melatih otot lengan bagian belakang.

Sumber : health.detik.com

Berbagai Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *